PENYEBAB KURANG PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PUTRI KELAS VII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG DI SMP NEGERI 3 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Nugroho, Muhammad Azis Wahyu (2020) PENYEBAB KURANG PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PUTRI KELAS VII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG DI SMP NEGERI 3 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kurang percaya diri peserta didik putri kelas VII dalam mengikuti pembelajaran senam lantai guling belakang di SMP Negeri 3 Ngaglik Sleman Yogyakarta Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik putri kelas VII SMP Negeri 3 Ngaglik Sleman Yogyakarta yang sudah mengikuti pembelajaran senam lantai guling belakang sejumlah 69 peserta didik putri. Instrumen pengumpulan data menggunkan teknik survei-angket yang berupa kuisioner online dengan 15 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan angket secara langsung. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh penyebab kurang percaya diri peserta didik putri kelas VII dalam mengikuti pembelajaran senam lantai guling belakang di SMP Negeri 3 Ngaglik Sleman Yogyakarta diketahui pada faktor internal diperoleh persentase sebesar 46,62 %, sedangkan faktor eksternal diperoleh persentase sebesar 51,38 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penyebab kurang percaya diri peserta didik putri kelas VII dalam mengikuti pembelajaran senam lantai guling belakang di SMP Negeri 3 Ngaglik Sleman Yogyakarta sebagian besar dikarenakan oleh faktor eksternal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kurang Percaya Diri, Peserta Didik Putri, Pembelajaran Senam Lantai, Guling Belakang
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Nov 2020 00:58
Last Modified: 03 Nov 2020 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69485

Actions (login required)

View Item View Item