TINGKAT PENGETAHUAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN GERAK DASAR RENANG GAYA DADA DI SMP NEGERI 3 KLATEN

Septiawan, Yoga Anggi (2020) TINGKAT PENGETAHUAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN GERAK DASAR RENANG GAYA DADA DI SMP NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skrpsi yoga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran gerak dasar renang gaya dada di SMP Negeri 3 Klaten. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah survei melalui teknik pengambilan data tes. Instrumen berupa tes pilihan ganda terdiri atas: (1) gerakan meluncur renang gaya dada, (2) gerakan kaki renang gaya dada, (3) gerakan lengan renang gaya dada, dan (4) pengambilan nafas renang gaya dada. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif persentase. Populasi penelitian merupakan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Klaten sejumlah 256 orang. Teknik pengambilan sampel simple random sampling digunakan untuk memilih 15 % dari jumlah populasi sebagai sampel. Jadi, peserta didik yang digunakan sebagai sampel sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan peserta didik kelas VIII di SMP N 3 Klaten terhadap gerak dasar renang gaya dada berada pada kategori baik. Secara rinci kategori “sangat baik” memiliki persentase sebesar 37,5%, kategori “baik” sebesar 42,5%, kategori “cukup” sebesar 12,5%, kategori “kurang” sebesar 5%, dan kategori “sangat kurang” sebesar 2,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Peserta Didik kelas VIII, Renang Gaya Dada
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Nov 2020 06:58
Last Modified: 02 Nov 2020 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69480

Actions (login required)

View Item View Item