PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI

Diana, Wulan Azva (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TESIS_WULAN AZVA DIANA_1871125077.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. (2) Perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. (3) Interaksi antara model pembelajaran PBL dan TGfU dengan motivasi belajar (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP 1 Adimulyo yang berjumlah 154 siswa dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B dengan jumlah peserta didik masing-masing 32 siswa. Instrumen untuk mengukur motivasi menggunakan angket, dan prestasi belajar menggunakan tes kemampuan dan pengetahuan passing bawah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran PBL dan TgfU terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, dengan nilai F 5,623 dan nilai signifikansi p 0,025 < 0,05. Kelompok model pembelajaran TGfU lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan PBL dengan selisih rata-rata 5,57. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, terbukti nilai F 48,753 dan nilai signifikansi p 0,000 < 0,05. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan selisih rata-rata 16,41. (3) Ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran PBL dan TGfU dengan motivasi belajar (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, dengan nilai F 36,619 dan nilai signifikansi p 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sri Winarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bola voli
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Nov 2020 09:21
Last Modified: 02 Nov 2020 09:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69476

Actions (login required)

View Item View Item