MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERFIKIR MATEMATIKA

Sehatta, Saragih (2008) MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERFIKIR MATEMATIKA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. ISSN 978-979-16353-1-8

[img]
Preview
Text
P-25 Pendidikan(sehata).pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tujuan utama dalam belajar matematika adalah kemampuan pemecahan masalah dan salah satu karakteristik utama matematika adalah memiliki struktur yang saling terkait. Oleh sebab itu, dalam mempelajari matematika seseorang harus mampu mengorganisasikan pengetahuan yang dimilikinya untuk memecahkan suatu permasalahan matematika yang dihadapinya. Kegiatan atau proses berfikir yang dijalani seseorang dalam belajar matematika (memecahkan masalah) merupakan pengorganisasian kemampuan mengingat, melihat hubungan, menyadari adanya hubungan sebab akibat, hubungan analogi atau perbedaan yang kemudian dapat memunculkan gagasan-gagasan yang original dan membuat sebuah keputusan secara tepat dan cepat. Konteks ini menunjukkan bahwa pengajuan masalah dalam belajar matematika akan mendorong siswa mengembangkan kemampuan atau ketrampilan berfikirnya dalam berbagai bentuk dan level. Dengan kata lain, kemampuan atau keterampilan berfikir matematika siswa akan berkembang jika guru sudah mampu menghadirkan suasana belajar yang penuh tantangan yang menarik bagi siswa. Intinya apa yang harus perhatikan dan bagaimana cara seorang guru dalam mengambangkan kemampuan berfikir matematika siswa.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6947

Actions (login required)

View Item View Item