EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SISWI SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN

Santoso, Muhammad Ilham (2021) EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SISWI SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad ilham santoso_17601241033.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, kemudahan, kendala dan evaluasi pembelajaran daring pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Jogonalan Klaten. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik wawancara, teknik dokumentasi, teknik observasi. Teknik analisis data adalah reduction, display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi whatsapp, telegram dan clasroom. Kemudahan pembelajaran antara lain, tidak terbatas jarak, waktu dan tempat, siswa lebih aktif mencari tambahan materi, waktu lebih fleksibel. Sedangkan kendala yang dialami guru dan siswa antara lain guru kesulitan pengambilan nilai praktiknya, siswa kurang memahami materi, siswa tidak mempunyai kapasitas memori handphone yang besar, sinyal tidak stabil, guru tidak bisa menjelaskan materi secara maksimal. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan test verbal. Aspek penilaian evaluasi dari tugas video praktik dan mengerjakan lembar kerja siswa. Tolak ukur keberhasilan pembelajaran dilihat dari hasil nilai ujian semester dengan standarisasi kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran online, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:44
Last Modified: 25 Oct 2021 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69465

Actions (login required)

View Item View Item