IDENTIFIKASI PENERAPAN PERATURAN (RULES) DAN RUTINITAS (ROUTINES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI DAN SMK NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA

Utomo, Prasetio (2020) IDENTIFIKASI PENERAPAN PERATURAN (RULES) DAN RUTINITAS (ROUTINES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI DAN SMK NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI PDF.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan peraturan dan rutinitas dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri dan SMK Negeri di kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah guru olahraga di SMA Negeri dan SMK Negeri di kota Yogyakarta yang berjumlah 18 sekolah. Instrumen penelitian ini berupa angket yang sudah diujicobakan, angket penerapan peraturan koefisien validitas sebesar 0,747 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,969, sedangkan angket rutinitas koefisien validitas sebesar 0,752 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,937. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan peraturan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri dan SMK Negeri di Kota Yogyakarta berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 guru), “kurang” sebesar 5,6% (1 guru), “cukup” sebesar 11% (2 guru), “baik” sebesar 28% (5 guru), dan “sangat baik” sebesar 56% (10 guru). (2) Penerapan rutinitas dalam pembelajaran PJOK di SMA Negeri dan SMK Negeri di Kota Yogyakarta berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 guru), “kurang” sebesar 11% (2 guru), “cukup” sebesar 6% (1 guru), “baik” sebesar 11% (2 guru), dan “sangat baik” sebesar 72% (13 guru).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peraturan, Rutinitas, Pendidikan Jasmani
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Nov 2020 02:43
Last Modified: 02 Nov 2020 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69461

Actions (login required)

View Item View Item