EFEKTIVITAS TERAPI MASASE TERHADAP NYERI DAN RANGE OF MOTION (ROM) CEDERA LUTUT PADA PASIEN KLINIK TERAPI HEALTH AND SPORTS CENTER (HSC) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Syahputra, Annaafi’ Akbar Dany (2020) EFEKTIVITAS TERAPI MASASE TERHADAP NYERI DAN RANGE OF MOTION (ROM) CEDERA LUTUT PADA PASIEN KLINIK TERAPI HEALTH AND SPORTS CENTER (HSC) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Annaafi Akbar.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Cedera lutut merupakan keluhan cedera ekstremitas bawah dengan prevalensi terbanyak di klinik terapi Health and Sports Center (HSC) Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas terapi masase terhadap penurunan nyeri dan peningkatan Range Of Motion (ROM) cedera sendi lutut. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien cedera lutut di Klinik Terapi Health and Sports Center (HSC) Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling ditentukan berdasarkan rumus slovin (nilai kritis 20%) sehingga diperoleh sampel sebanyak 25 orang. Data yang dikumpulkan adalah: (1) Skala nyeri sendi lutut yang diukur menggunakan Numeric Rating Scale. (2) Skala ROM sendi lutut yang diukur menggunakan skala ROM ordinal dari angka 0-3. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terapi masase dapat mengurangi nyeri sendi lutut secara signifikan (α = 0,00) dengan efektivitas sebesar 38,00% (2) terapi masase dapat meningkatkan Range of Motion (ROM) cedera sendi lutut (α = 0,003) dengan efektivitas sebesar 15,00%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terapi masase yang diterapkan di klinik terapi HSC efektif dalam mengurangi nyeri dan meningkatkan ROM cedera sendi lutut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: terapi masase, nyeri lutut, ROM lutut
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:23
Last Modified: 02 Nov 2020 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69454

Actions (login required)

View Item View Item