PERBEDAAN KOHESIVITAS PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DENGAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER NON OLAHRAGA DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Rohman, Ridho Des (2020) PERBEDAAN KOHESIVITAS PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DENGAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER NON OLAHRAGA DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_ridho des rohman_16601241131.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif comparative. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII dan VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta yang berjumlah 403, peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga berjumlah 84 dan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuer non olahraga berjumlah 319. Sampel untuk ekstrakurikuler olahraga karena jumlah populasi tidak lebih dari 100 maka teknik pengambilan sampel adalah menggunakan total sampling ekstrakurikuler olahraga yang berjumlah 84 peserta didik. Sedangkan untuk peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga berjumlah lebih dari 100 maka penentuan besar sampel menggunakan metode non probability sample jenis quota sampling yang diambil sebanyak 24% (76). Penelitian ini menggunakan metode survei dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi dari penelitian Dimas Bagus Permadi Wijonarko (2016) dan sudah di uji cobakan oleh peneliti di SMP Negeri 10 Yogyakarta dengan nilai alpha cronbach sebesar 0,810. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan uji hipotesis independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji statistik variabel diperoleh nilai p = 0,035 < 0,05 dan nilai t-hitung (2.123) > t-tabel (1.65455). Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga, kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga lebih baik daripada kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga di SMP Negeri 9 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kohesivitas, Ekstrakurikuler Olahraga dan Ekstrakurikuler Non Olahraga
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2020 01:12
Last Modified: 27 Oct 2020 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69437

Actions (login required)

View Item View Item