Nurul, Anriani and Novaliyosi, Novaliyosi and Maman, fathurahman (2008) Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) Guna Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Statistika Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTIRTA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. ISSN 978-979-16353-1-8
|
Text
P-20 Pendidikan(Nurul Anriani).pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) Guna Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Statistika Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTIRTA Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa pada perkuliahan Statistika Matematika mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTIRTA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) . enelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan pada perkuliahan Statistika Matematika semester ganjil tahun akademik 2008/2009. Instrumen Instrumen yang digunakan adalah: 1). Soal Game, 2). Soal Turnamen, 3). Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran, 4). Angket Respon Siswa, 5). Angket Kemandirian Belajar Mahasiswa, 6). Lembar Wawancara, dan 7). Lembar Catatan Lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada perkuliahan Statistika Matematika bisa digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Kata kunci : Teams-Games-Tournaments(TGT), Statistika Matematika, Kemandirian Belajar Mahasiswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 30 Oct 2012 01:01 |
Last Modified: | 30 Oct 2012 01:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |