Pengembangan Perangkat Instruksional Mikrokontroler Berbantuan Arduino di Sekolah Menengah Kejuruan.

Wijaya, Husain Asyari and Khairudin, Moh (2019) Pengembangan Perangkat Instruksional Mikrokontroler Berbantuan Arduino di Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-husain-asyari-wijaya-15721251010.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui: (1) kelayakan, (2) keberfungsian, dan (3) keefektifan dari perangkat instruksional mikrokontroler berbantuan arduino dengan simulasi sebagai media pembelajaran materi pemrograman mikrokontroler program keahlian Teknik mekatronika di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Rapid Application Development (RAD),fase dalam RAD dibagi menjadi empat, yaitu (1) fase perencanaan syarat-syarat (requirements planning phase), (2) fase desain pengguna (user design phase), (3) fase konstruksi (construction phase), dan (4) fase pelaksanaan (cutover phase).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Mekatronika SMK N 1 Bawang Banjarnegara dan SMK Leonardo Klaten. Validasi produk dilakukan oleh dua orang dosen dan tujuh orang guru SMK menggunakan angket. Uji coba produk dilakukan oleh 60 orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk respon siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif dan statistik parametrik dengan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah simulasi mikrokontroler berbantuan arduino untuk materi pemrograman mikrokontroler.Simulasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang tidak terbatas oleh tempat, waktu dan konektifitas jaringan internet. Komponen simulasi mikrokontroler berbantuan arduino ini mencakup: kompetensi dasar, materi, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penilaian kelayakan simulasi mikrokontroler berbantuan arduino menurut validator sebesar 83.33sehingga dikategorikan “Sangat Layak” dan menurut siswa sebesar 70.98 dari skala 100 sehingga dikategorikan “Layak”. Hasil penilaian keberfungsian simulasi mikrokontroler berbantuan arduino menurut validator sebesar 82.92 sehingga dikategorikan “Sangat Layak” dan menurut siswa sebesar 71.55 dari skala 100 sehingga dikategorikan ”Layak”. simulasi mikrokontroler berbantuan arduino ini memiliki dampak yang efektif, karena besarnya nilai signifikansi saat diuji menggunakan uji t adalah thitung = 11,075 > ttabel = 1,983 dan Asymp. Sig (2-tailed) < 0,05. Besarnya tingkat keefektifan dapat dilihat dari besarnya nilai gain.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan perangkat instruksional, mikrokontroler, arduino
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:05
Last Modified: 21 Oct 2020 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69385

Actions (login required)

View Item View Item