MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA ULAR TANGGA MODIFIKASI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ABA MARGODADI II SEYEGAN SLEMAN

Rahmadhani Tri, Restiani (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA ULAR TANGGA MODIFIKASI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ABA MARGODADI II SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS Rahmadhani Tri Restiani PAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TK ABA Margodadi II melalui media ular tangga modifikasi. Penelitian ini dilatarbelakangi dari kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun yang masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dengan sistem spiral. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa TK ABA Margodadi II yang berusia 4-5 tahun atau berada pada kelompok A dengan jumlah 7 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media ular tangga modifikasi. Data pada penelitian diperoleh melalui observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan dari Pra Tindakan, Siklus I, dan Siklus II. Pada Pra Tindakan terdapat 8 anak (40,00%) berada dalam kriteria berkembang sesuai harapan dan belum terdapat anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik. Pada Siklus I terjadi peningkatan dengan hasil 12 anak (60,00%) berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Peningkatan pada Siklus II dengan hasil sebanyak 5 anak (25,00%) berada pada kriteria berkembang sangat baik dan 12 anak (60,00%) berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Kata Kunci: media ular tangga modifikasi, mengenal lambang bilangan, anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 08:13
Last Modified: 19 Oct 2020 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69380

Actions (login required)

View Item View Item