Hindun Nur, ‘Aisyah (2020) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN SE GUGUS IV KECAMATAN PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
NASKAH SKRIPSI FULL_HINDUN NUR 'AISYAH_NIM 16111241004_IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 1_PAUD UNY 2016. (Edit 2) pdf (1).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data idetntifikasi kemampuan berpikir simbolik anak-anak kelompok B di TK Gugus IV Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta. TK. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 110 anak, yang terdiri dari 7 TK yaitu TK ABA Tegallayang 1, TK PKK 82 Kuroboyo, TK PKK 12 Glagahan, TK PKK 47 Ekapratiwi, TK KK LKMD Tunjungan, TK ABA Gluntung dan TK ABA Putra Fajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dengan menggunakan checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir simbolik pada anak Kelompok B di TK Gugus IV Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta termasuk dalam kategori mulai berkembang dengan persentase nilai 49,3%. Persentase tersebut didapat dari indikator menunjukkan lambang bilangan 1-10 sebesar 49,7% kriteria MB, melingkari angka lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda sebesar 48,6% kriteria MB, menghitung benda menggunakan bilangan sebesar 50,2% kriteria MB, mampu mengelompokkan benda sesuai dengan jumlah bilanganya sebesar 50% kriteria MB, mencocokkan lambang huruf vokal dan konsonan sesuai dengan benda sebesar 48,63% kriteria MB, mampu menggunakan huruf untuk mengenal dirinya sebesar 49% kriteria MB, mampu membedakan lambang huruf vokal dan konsonan sebesar 48,1% kriteria MB, mampu menebalkan huruf terputus-putus sebesar 49,7% kriteria MB, mengkelompokan gambar sesuai dengan jenis yang sama, sebesar 49,7% kriteria BB, mengekelompokan benda sesuai dengan namanya sebesar 50,6% kriteria MB, mampu menulis sesuai dengan nama gambar sebesar 48,8% kriteria MB. Kata Kunci: Berpikir Simbolik, Kemampuan, dan TK kelompok B.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 07:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 07:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69376 |
Actions (login required)
View Item |