Metri Utami, Krahayon (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP ANAK DI KELOMPOK B TK KHALIFAH WIROBRAJAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Skripsi_Metri Utami Krahayon_14111244009_PG PAUD_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penanaman nilai-nilai entrepreneurship di TK Khalifah Wirobrajan; (2) Faktor pendukung; (3) Faktor penghambat; dan (4) Cara mengatasi permasalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Sumber data penelitian yaitu Kepala TK Khalifah Wirobrajan, Guru, Orang Tua dan Peserta Didik. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penanaman nilai-nilai entrepreneurship di TK Khalifah Wirobrajan dilakukan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Tahap perencanaan yaitu memasukkan nilai-nilai entrepreneurship dalam menyusun Kurikulum, Program Semester, RPPM, RPPH, serta Penilaian Perkembangan. Tahap pelaksanaan yaitu kegiatan terprogram dan kegiatan pembiasaan, meliputi: kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian, dan budaya lembaga. Tahap penilaian menggunakan instrumen penilaian yaitu observasi, percakapan, penugasan, unjuk kerja, hasil karya, anekdot, dan portofolio; (2) Nilai kerjasama dan kreatif menjadi nilai utama penanaman nilai-nilai entrepreneurship yang telah ditanamkan dan berhasil dicapai; (3) Faktor pendukung: kurikulum memuat materi tauhid entrepreneurship; kerjasama berbagai pihak; sarana dan prasarana; metode; media; pembiasaan dan keberlanjutan di sekolah dan rumah; (4) Faktor penghambat: karakterristik dan kemampuan anak berbeda; anak masih mudah berubah sikapnya; pembiasaan di rumah dan sekolah berbeda; tingkat pendidikan keluarga; serta fokus perhatian guru tidak merata karena banyaknya siswa; dan (5) Cara mengatasi permasalahan: kerjasama berbagai pihak; guru bersabar mendidik anak; orang tua dan guru saling berkomunikasi atau berkonsultasi; serta kegiatan parenting. Kata kunci: Penanaman nilai-nilai entrepreneurship, TK Khalifah Wirobrajan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 07:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 07:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69375 |
Actions (login required)
View Item |