IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI CERITA SIRAH NABAWIYAH DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH KASATRIYAN KECAMATAN WATES, KULON PROGO

Fitriyani, Masrurin (2020) IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI CERITA SIRAH NABAWIYAH DI PAUD TERPADU ‘AISYIYAH KASATRIYAN KECAMATAN WATES, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
NASKAH SKRPSI_PG-PAUD_Fitriyani Masrurin_16111241042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penanaman nilai agama dan moral melalui cerita sirah nabawiyah di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Kasatriyan Kulon Progo. PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Kasatriyan merupakan sekolah percontohan di Kulon Progo yang memiliki keunggulan program sirah nabawiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Kasatriyan dengan subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru kelas. Pengumpulan data yang digunakan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Milles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: penanaman nilai agama dan moral cerita sirah nabawiyah dimulai dengan perencanaan, seperti menentukan buku yang akan digunakan, cerita yang akan disampaikan, dan waktu bercerita. Pelaksanaan kegiatan bercerita yaitu dimulai dengan iqra’, hafalan surat pendek, berdoa kemudian membaca shalawat Nabi, cerita dibacakan oleh guru kemudian guru meriview cerita, dan menyampaikan pesan moral yang ada di dalam cerita untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Guru berperan sebagai motivator, pembimbing, pendongeng dalam mengarahkan anak dalam pembelajaran nilai agama dan moral cerita sirah nabawiyah. Proses pembelajaran dengan cerita sirah nabawiyah yang dilakukan oleh guru memperoleh hasil yaitu anak memiliki akhlak mulia dan terpuji, dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk, terbiasa membaca iqra’, hafalan surat pendek, berdoa, dan membaca shalawat Nabi. Faktor pendukung yaitu buku, boneka. Faktor penghambat yaitu pendidikan orang tua tidak sesuai dengan apa yang diberikan ketika di sekolah disebabkan oleh kesibukan orang tua, kurangnya media buku yang tersedia walaupun sudah banyak tetapi masih kurang, anak yang tidak masuk sekolah, keadaan kelas yang kurang mendukung pada saat kegiatan. Kata kunci: Penanaman Nilai Agama dan Moral, Cerita sirah Nabawiyah,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:07
Last Modified: 19 Oct 2020 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69370

Actions (login required)

View Item View Item