PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR ANAK SELAMA DI RUMAH DI KELAS A2 TK ABA NGANGKRUK PRAMBANAN

Nurita Rizki, Faryanti (2020) PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR ANAK SELAMA DI RUMAH DI KELAS A2 TK ABA NGANGKRUK PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Nurita Rizki Faryanti_16111244009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi orang tua terhadap kegiatan belajar anak selama di rumah di kelas A2 TK ABA Ngangkruk Prambanan. Hal ini karena kegiatan belajar anak tetap dilakukan setiap hari walaupun dilaksanakan selama di rumah sehingga membutuhkan partisipasi orang tua secara lebih aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK ABA Ngangkruk Prambanan dengan subjek penelitian adalah guru kelas A2 dan orang tua anak, yang terdiri dari empat orang tua dari kelas A2 yang bersedia menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini dengan dibantu pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi orang tua terhadap kegiatan belajar anak selama di rumah di kelas A2 TK ABA Ngangkruk Prambanan diantaranya yaitu: (1) Partisipasi orang tua berupa memberikan bantuan yaitu mendampingi, menemani, dan mempersiapkan kegiatan belajar anak di rumah. Orang tua juga menyediakan sarana dan prasarana selama kegiatan belajar anak di rumah seperti peralatan tulis, permainan, dan handphone. Serta adanya sikap orang tua yang selalu aktif berkomunikasi dengan guru walaupun via whatsApp, orang tua juga mengikuti grup di facebook. (2) Manfaat yang orang tua dapatkan yaitu dapat selalu mendampingi anak belajar, memiliki waktu luang bersama anak, dan mengetahui ilmu tentang pendidikan anak usia dini. (3) Faktor pendukung berupa keadaan keluarga yang harmonis, adanya perhatian dari orang tua untuk anak, media informasi internet dapat membantu orang tua dalam mencari bahan kegiatan untuk anak, faktor penghambatnya berupa adanya keterbatasan orang tua dalam memberikan kegiatan yang lebih menarik untuk anak dan penggunaan HP oleh anak masih belum dimanfaatkan untuk kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan belajar di rumah. Kata kunci: partisipasi, orang tua, kegiatan belajar anak di rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:05
Last Modified: 19 Oct 2020 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69369

Actions (login required)

View Item View Item