PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS SELAMA BELAJAR DI RUMAH PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM BINA LEMBAGA MANDING BANTUL

Anisa, Monicado (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS SELAMA BELAJAR DI RUMAH PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM BINA LEMBAGA MANDING BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_Anisa Monicado_16111241047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pengembangan kreativitas selama belajar di rumah pada anak kelompok A di TK Islam Bina Lembaga Manding Bantul. Hal ini karena kegiatan kreativitas dilakukan setiap hari saat pembelajaran di sekolah kemudian tetap diterapkan saat anak belajar di rumah. Penelitian ini menggunakan teori kreativitas Rhoders dan program belajar di rumah oleh Kemendikbud. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas A, dan perwakilan orangtua anak kelas A. Pengumpulan data melalui teknik wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi simber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yaitu: (1) Perencanaan pengembangan kreativitas anak kelompok A di TK Islam Bina Lembaga selama belajar di rumah disesuikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Lampiran 3 tentang penyusunan RPPH dan ketentuan proses belajar di rumah dari Kemendikbud tahun 2020. (2) Respon anak yang berbeda-beda, ada yang senang dan antusias adapula yang cemberut. (3) Penilaian pengembangan kreativitas anak kelompok A selama belajar di rumah melalui hasil karya anak yang dianalisis sejauh mana keterlibatan orangtua dalam karya tersebut. (4) Peran orangtua dalam pengembangan kreativitas anak selama belajar di rumah berbeda-beda sesuai dengan latar belakang orangtua. (5) Faktor pendukung kegiatan pengembangan kreativitas anak selama belajar di rumah adalah HP yang ada kuotanya, bahan yang dapat disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah dan kooperatif orangtua, sedangkan faktor penghambatnya adalah orangtua yang mendominasi mengejar hasil, HP, jarak dan orangtua tidak bisa memaksa anak. Kata Kunci: kreativitas, belajar di rumah, dan anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:59
Last Modified: 19 Oct 2020 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69366

Actions (login required)

View Item View Item