MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK MOTORIK KASAR MELALUI TARI BADUI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA NGABEAN 2 TEMPEL

Ad Dieni Maulana, Rizka (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK MOTORIK KASAR MELALUI TARI BADUI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA NGABEAN 2 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_Ad Dieni Maulana Rizka_PG PAUD_16111241038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak motorik kasar melalui Tari Badui pada anak kelompok B TK ABA Ngabean 2 Tempel. Hal ini karena keterampilan gerak motorik kasar anak masih rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif antara peneliti dengan guru kelas. Rencana tindakan yang digunakan adalah Model Spiral dari Teori Kemmis dan Robbin Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 anak didik dengan 5 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dapat dinyatakan berhasil jika memenuhi kriteria keberhasilan sebesar 75% anak pada kategori berkembang sesuai harapan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada keterampilan gerak motorik kasar anak melalui tari badui dengan fokus pengamatan pada aspek kekuatan, kelincahan, dan keseimbangan. Hal ini dibuktikan dengan hasil peningkatan keterampilan gerak motorik kasar pada pra tindakan memperoleh persentase sebanyak 10,42% anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan, sehingga persentase anak yang dikatakan berkembang sesuai harapan sebanyak 52,08%. Kemudian pada siklus II menunjukkan peningkatan hingga memperoleh 91,67% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan. Kegiatan tari badui dilakukan dengan langkah-langkah antara lain (1) bercerita untuk memperkenalkan tari badui kepada anak, (2) metode bercakap-cakap untuk memberikan motivasi, (3) demonstrasi gerakan tari badui dengan hitungan, (4) demonstrasi gerakan tari badui dengan musik, (5) mempraktikan yang dicontohkan guru, (6) evaluasi dan pemberian reward. Kata kunci: keterampilan gerak motorik kasar, kelompok b, tari badui

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:49
Last Modified: 19 Oct 2020 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69365

Actions (login required)

View Item View Item