IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BA AISYIYAH JEMAWAN I SELAMA BELAJAR DI RUMAH

Lusianti, Lusianti (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BA AISYIYAH JEMAWAN I SELAMA BELAJAR DI RUMAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Naskah TAS_Lusianti_PG PAUD_16111244023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran nilai agama dan moral pada anak usia 4-5 tahun di BA Aisyiyah Jemawan I selama belajar di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas A, orang tua siswa kelas A, dan anak kelas A. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran nilai agama dan moral pada anak usia 4-5 tahun di BA Aisyiyah Jemawan I selama belajar di rumah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan dimulai dengan membuat perencanaan pembelajaran harian, kemudian dikirimkan kepada orangtua melalui whatsapp group atau memberikan kepada orangtua langsung ketika datang ke sekolah. 2) Pelaksanaan pembelajaran nilai agama dan moral diperankan oleh orangtua dengan cara mendampingi dan mendokumentasikan proses kegiatan pembelajaran. 3) Evaluasi dilaksanakan melalui dokumentasi yang dilaporkan oleh orangtua di whatsapp group. 4) Faktor pendukung meliputi adanya bimbingan dari orangtua dalam penanaman nilai agama dan moral selama anak belajar di rumah, adanya media online yang dijadikan sebagai alat komunikasi guru dan orangtua, serta adanya program khusus di televisi yang digunakan untuk membantu belajar anak selama di rumah. Sedangkan faktor penghambat yaitu sebagian keluarga yang tidak membiasakan penanaman nilai agama dan moral, kesibukan orang tua, serta perubahan suasana hati dan kurangnya semangat belajar anak. Kata kunci: Pembelajaran Nilai Agama dan Moral, Belajar di Rumah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:45
Last Modified: 19 Oct 2020 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69364

Actions (login required)

View Item View Item