PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI PERMAINAN BALOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELITA SANGUBANYU KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO

Dian, Apriliyani (2020) PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI PERMAINAN BALOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELITA SANGUBANYU KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_DIAN APRILIYANI_PGPAUD_15111241022-dikompresi (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Sangubanyu melalui permainan balok. Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan anak dalam hal kreativitas masih rendah. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan sistem spiral. Prosedur penelitian melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah semua anak di TK Pelita Sangubanyu yang berusia 5-6 tahun, berjumlah 14 anak terdiri 12 laki-laki dan 2 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan kreativitas anak melalui permainan balok. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan kreativitas anak dari siklus 1 ada 10 anak (71,43%) pada kriteria berkembang sesuai harapan dan meningkat pada siklus II menjadi 11 anak (85,71%) pada kriteria berkembang sesuai harapan dan 2 anak (7,14%) pada kriteria berkembang sangat baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada indikator kelancaran, orisinal dan kerincian. Langkah-langkah yang dilakukan guru adalah 1) mendemostrasikan kegiatan main secara berulang-ulang, 2) memberikan informasi mengenai bentuk-bentuk balok,3) anak membangun dengan media balok, 4) memberikan reward berupa stiker sebagai motivasi untuk anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan balok dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Pelita Sangubanyu. Kata kunci : kreativitas anak, permainan balok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:34
Last Modified: 19 Oct 2020 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69359

Actions (login required)

View Item View Item