KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AMONG SIWI BANTUL

Ratunesi, Ballerina (2020) KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AMONG SIWI BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_RATUNESI BALLERINA_PG PAUD_14111244022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan interaksi sosial anak usia dini di KB Among Siwi. Kemampuan interaksi sosial dalam penelitian ini terdiri dari aspek bekerjasama, menghargai, berbagi, dan membantu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 anak, 3 orang tua, dan 1 guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini adalah panduan wawancara, panduan observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek dalam penelitian ini telah memiliki kemampuan interaksi sosialnya yang baik meliputi kemampuan bekerjasama, menghargai, berbagi, dan membantu. Kemampuan interaksi sosial anak dalam penelitian ini memiliki faktor pendukung, antara lain yaitu orang tua yang selalu mengajarkan dan memberikan contoh, guru menggunakan metode bercerita, dan bermain permainan tradisional guna mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak. kata kunci: kemampuan interaksi sosial, anak usia dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:27
Last Modified: 19 Oct 2020 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69357

Actions (login required)

View Item View Item