IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK TK KELOMPOK B DI GUGUS IV KECAMATAN BANGUNTAPAN, BANTUL

Khairina, Putri (2020) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK TK KELOMPOK B DI GUGUS IV KECAMATAN BANGUNTAPAN, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
NASKAH TAS_KHAIRINA PUTRI_16111241046_PG PAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai kemampuan pemecahan masalah pada anak TK kelompok B di Gugus IV Kecamatan Banguntapan, Bantul. Kemampuan memecahkan masalah merupakan kemampuan penting yang perlu dimiliki anak sejak usia dini, hal ini dikarenakan karena dalam kehidupan sehari-hari, anak akan dihadapkan pada berbagai permasalahan yang membutuhkan kemampaun pemecahan masalah. Penelitian ini berfokus pada kemampuan memahami masalah, mengelompokkan, membandingkan, menghubungkan, dan menemukan solusi masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan datanya melalui observasi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar checklist, dan menggunakan validitas expert judgement yang diuji oleh ibu Nur Hayati, M.Pd. Penelitian ini dilakukan pada anak TK B di 5 sekolah di Gugus IV Kecamatan Banguntapan, Bantul. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah pada anak TK kelompok B di Gugus IV Kecamatan Banguntapan, Bantul termasuk dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan memperoleh persentase sebesar 69,61%. Persentase tersebut didapatkan dari indikator memahami masalah memperoleh persentase 74,02% dengan kiteria anak mampu secara mandiri memahami masalah yang dihadapinya, indikator mengelompokkan memperoleh persentase 73,37% dengan kriteria anak mampu secara mandiri mengelompokkan gambar ke dalam kelompok yang sama satu variasi yang sama, indikator membandingkan memperoleh persentase 67,85% dengan kriteria anak mampu mencari enam perbedaan dari dua gambar yang berbeda, indikator menghubungkan memperoleh persentase 76,94% dengan kriteria anak mampu secara mandiri mencari jalan keluar pada dua maze, dan indikator menemukan solusi masalah memperoleh persentase 71,75% dengan kriteria anak secara mandiri mampu menyebutkan solusi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Kemampuan, dan Anak TK Kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:23
Last Modified: 19 Oct 2020 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69356

Actions (login required)

View Item View Item