PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA POHON HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MINOMARTANI 1

Rizka, Khoirunisa (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA POHON HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MINOMARTANI 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKA KHOIRUNISA_16111241009_PG PAUD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan mendeskripsikan proses serta hasil peningkatan pada anak di kelompok A TK Minomartani 1 melalui media pohon huruf. Pohon huruf merupakan media yang menyerupai pohon yang terdiri atas kepingan huruf sebagai buah dari huruf A sampai Z yang menggantung pada pohon. Ada dua indikator yang diamati dalam kemampuan mengenal huruf pada anak yaitu kemampuan menunjuk huruf dan menyebutkan bunyi huruf. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas dengan model dari Kemmis & Mc Taggart, dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Subyek penelitian yakni kelompok A yang berjumlah 17 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berbentuk checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu minimal 75% dari 17 anak dapat mengenal huruf pada tingkat berkembang sangat baik (BSB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pohon huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak. Langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Minomartani 1 melalui media pohon huruf adalah dengan 1) Guru melakukan persiapan untuk keberlangsungan proses pembelajaran. 2) Guru fokus untuk menjelaskan huruf-huruf yang masih sulit untuk diidentifikasi anak dengan cara ; guru mengambil kepingan buah yang bertuliskan huruf yang belum dikenal anak pada pohon huruf, guru menyebutkan nama huruf tersebut, anak menirukan bunyi huruf yang disebut guru sambil melihat kepingan buah huruf yang dipegang guru, dan guru meminta anak-anak untuk menyebutkan nama-nama benda atau orang sesuai dengan huruf yang diambil. 3) Guru meminta anak untuk menuliskan kata-kata yang sesuai dengan tema dan mempraktekkan bunyi huruf tersebut. 4) Guru menggunakan strategi bernyanyi, bertepuk dan bermain di out dooratau luar kelas untuk menjaga agar proses pembelajaran menggunakan pohon huruf tetap menyenangkan. 5) Guru melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran dari awal hingga akhir kegiatan.Pada tahap pratindakan kemampuan mengenal huruf pada anak rata-rata sebesar 27,2% kemudian pada tahap siklus I mengalami peningkatan menjadi 51,8% dan pada tahap siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,05% sehingga melampaui kriteria keberhasilan yang diinginkan. Kata Kunci : mengenal huruf, pohon huruf, anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:19
Last Modified: 19 Oct 2020 06:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69354

Actions (login required)

View Item View Item