PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOY-BOYAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PUTRA HARAPAN MLATI SLEMAN

Rizqi Nur, Ika (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOY-BOYAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PUTRA HARAPAN MLATI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_RIZQI NUR IKA_15111244013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui Permainan Boy-boyan di kelompok B TK Putra Harapan. Penelitian ini fokus pada unsur yang ada dalam keterampilan motorik yaitu ketepatan, kelincahan, dan kecepatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian spiral dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 anak pada kelompok B yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan panduan observasi dan lembar observasi berbentuk check list. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika 80% dari jumlah seluruh anak berada pada kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik kasar meningkat melalui Permainan Boy-boyan. Kegiatan pembelajaran pada Sikus I dilakukan melalui pengenalan terlebih dahulu kepada anak mengenai permainan Boy-boyan, kemudian guru memberikan contoh bermain Boy-boyan kepada anak, sehingga anak dapat memahami kegiatan pembelajaran melalui permainan Boy-boyan. Pada Siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan berdasarkan pada pemecahan permasalahan-permasalahan yang muncul pada Siklus I seperti pemberian reward, motivasi dan bimbingan yang lebih khusus kepada anak agar kegiatan pembelajaran melalui Permainan Boy-boyan dapat lebih meningkat sesuai dengan indikator keberhasilan yang akan dicapai. Hal ini terlihat dari hasil observasi pada pratindakan, anak yang mendapatkan kriteria sangat baik 2 anak(12,5%). Siklus I anak yang mendapat kriteria sangat baik sebanyak 6 anak (37,5%) dan pada Siklus II anak yang mendapatkan kriteria sangat baik meningkat menjadi 13 anak (81,25%). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Permainan Boy-boyan dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak di kelompok B TK Putra Harapan. Kata kunci : motorik kasar, permainan Boy-boyan, anak TK Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:13
Last Modified: 19 Oct 2020 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69352

Actions (login required)

View Item View Item