UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SINDUADI 2

Hapsari, Anissa Fitri (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SINDUADI 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Anissa Fitri Hapsari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa selama proses pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) di kelas V SD Negeri Sinduadi 2. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas V SD Negeri Sinduadi 2. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan sedangkan siklus kedua terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus tersebut tersusun atas beberapa tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 14 orang siswa kelas V SD Negeri Sinduadi 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil ulangan harian (UH) siswa menunjukkan rerata di angka 60 dan tidak memenuhi KKM IPA yang ditentukan yakni sebesar 73. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, peneliti memperoleh hasil bahwa : hasil belajar siswa meningkat dari rerata 83,00 dan ketuntasan 79% pada siklus I menjadi rerata 86,57 dan ketuntasan 86% pada siklus II. Selanjutnya hasil observasi keaktifan siswa juga menunjukkan peningkatan dimana pada siklus I sebesar 64% siswa masuk kategori tinggi, 29% siswa masuk kategori sedang dan 7% siswa masuk kategori rendah dan kemudian mengalami perbaikan pada siklus II menjadi 71% siswa masuk kategori tinggi dan 29% siswa masuk dalam kategori sedang. Kata kunci : keaktifan belajar, hasil belajar, Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:58
Last Modified: 19 Oct 2020 04:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69349

Actions (login required)

View Item View Item