PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK CERITA BERGAMBAR BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN AKTIVITAS MEMBACA SISWA KELAS 3 SD SE-GUGUS 1 KECAMATAN WATES

Prabowo, Anindito (2020) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK CERITA BERGAMBAR BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN AKTIVITAS MEMBACA SISWA KELAS 3 SD SE-GUGUS 1 KECAMATAN WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Anindito Prabowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media scrapbook cerita bergambar berbantuan augmented reality yang layak digunakan untuk meningkatkan minat dan aktivitas membaca siswa kelas 3 Se-Gugus 1 Kecamatan Wates, dan 2) mengungkapkan keefektifan media scrapbook cerita bergambar berbantuan augmented reality untuk meningkatkan minat dan aktivitas membaca siswa kelas 3 Se-Gugus 1 Kecamatan Wates. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan 8 dari 10 tahap yang terdapat pada model Borg and Gall. Tahap yang dilakukan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk, uji coba operasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, angket, skala, sedangkan analisis data, peneliti menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengembangan media scrapbook cerita bergambar berbantuan augmented reality sudah dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan minat dan aktivitas membaca siswa di Sekolah Dasar melalui beberapa validasi. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil validasi materi yang mendapatkan skor 93 dengan kategori “layak” dan validasi media yang mendapatkan skor 126 dengan kategori “sangat layak”. Pada uji coba lapangan awal mendapatkan skor 28 dari respon guru dengan kategori “sangat layak”, dan skor 869 dari respon siswa dengan kategori “sangat layak”. Pada uji coba lapangan utama mendapatkan skor 60 dari respon guru dengan kategori “sangat layak”, dan skor 1549 dari respon siswa dengan kategori “sangat layak”. Pada uji coba operasional memiliki skor rata-rata postes di kelas kontrol sebesar 45,3 dikategori “rendah”, sedangkan kelas eksperimen dengan skor rata-rata postes sebesar 49,65 dengan kategori “sedang”. Dengan demikian media scrapbook cerita bergambar berbantuan augmented reality dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan minat dan aktivitas membaca kelas 3 sekolah dasar se-gugus 1 Kecamatan Wates dengan tingkat keefektifan sedang. Kata kunci: pengembangan media, media scrapbook cerita bergambar berbantuan augmented reality, minat dan aktivitas membaca siswa,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 May 2021 03:27
Last Modified: 21 May 2021 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69348

Actions (login required)

View Item View Item