FENOMENA PEREMPUAN DALAM OLAHRAGA BELA DIRI TARUNG DERAJAT DI KODIM (KOMANDO DISTRIK MILITER) KLATEN

Muhaji, Muhammad Bashor (2020) FENOMENA PEREMPUAN DALAM OLAHRAGA BELA DIRI TARUNG DERAJAT DI KODIM (KOMANDO DISTRIK MILITER) KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi revisi (Bashor). fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fenomena perempuan dalam olahraga bela diri tarung derajat di Kodim (Komando Distrik Militer) Klaten. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta perempuan, peserta laki-laki, dan pelatih bela diri tarung derajat di Kodim Klaten yang berjumlah 7 orang (dua orang pelatih, dua orang peserta laki-laki, tiga orang peserta perempuan). Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam guna memperoleh data yang jelas mengenai fokus permasalahan. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Miles & Huberman). Teknik mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat fenomena-fenomena yang menggejala pada perempuan yang mengikuti olahraga bela diri Tarung Derajat diantaranya adalah (a) perubahan sikap yang dulunya minder atau takut tampil di depan umum sekarang menjadi lebih percaya diri tampil di depan umum, (b) peran dalam ruang sosial mengalami perubahan yang dulunya tidak aktif dikegiatan atau diorganisasi sekolah maupun di desa setelah mengikuti bela diri Tarung Derajat mereka menjadi lebih aktiv dikegiatan dan diorganisasi sekolah dan di desa, (c) kebiasaan berubah menjadi lebih positif yang dulunya malas berolahraga menjadi senang dan rutin berolahraga, (d) dan mereka yang dulunya malu atau risi jika bergaul dengan laki-laki sekarang menjadi tidak risi dan mereka menganggap sudah hal yang biasa perempuan membaur dengan laki-laki. Adanya pandangan negatif dari masyarakat yang menganggap perempuan tidak mampu dan tidak cocok mengikuti olahraga bela diri tarung derajat yang identik dengan laki-laki. Perempuan yang mengikuti olahraga bela diri Tarung Derajat menanggapinya dengan masa bodoh dan merasa cocok untuk terus menekuni olahraga bela diri Tarung Derajat untuk berprestasi lebih tinggi lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Olahraga, Bela Diri, Tarung Deraja
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:05
Last Modified: 19 Oct 2020 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69343

Actions (login required)

View Item View Item