STATUS DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI, KECEPATAN, DAN KELINCAHAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MUNTILAN

Makruf, Dimas Faisal (2020) STATUS DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI, KECEPATAN, DAN KELINCAHAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MUNTILAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Daya tahan kardiorespirasi, kecepatan, dan kelincahan merupakan komponen dari kebugaran jasmani penting yang harus dimiliki setiap siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMA N 1 Muntilan. Kurangnya pemahaman pelatih dan belum diketahuinya kondisi daya tahan kardiorespirasi, kecepatan, dan kelincahan peserta ekstrakurikuler bola basket di SMA N 1 Muntilan merupakan masalah yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui status daya tahan kardiorespirasi, kecepatan, dan kelincahan peserta ekstrakurikuler bola basket di SMA N 1 Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Muntilan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan siswa putra yang aktif mengikuti ekstrakurikuler bola basket dan berusia 16-19 tahun. Total sampel sebanyak 17 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah multistage fitness test, tes lari 60 meter, dan Illnois Agility Run Test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa dari jumlah 17 siswa, daya tahan kardiorespirasi peserta ekstrakurikuler bola basket di SMA N 1 Muntilan berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 11,77% (2 siswa), kategori “kurang” sebesar 35,29% (6 siswa), kategori “cukup” sebesar 41.17% (7 siswa), kategori “baik” sebesar 11,77% (2 siswa), dan ketegori “sangat baik” sebesar 0% (0 siswa). Kecepatan peserta ekstrakurikuler bola basket di SMA N 1 Muntilan berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 siswa), kategori “kurang” sebesar 0% (0 siswa), kategori “cukup” sebesar 29,41% (5 siswa), kategori “baik” sebesar 58,82% (10 siswa), dan ketegori “sangat baik” sebesar 11,77% (2 siswa). Kelincahan peserta ekstrakurikuler bola basket di SMA N 1 Muntilan berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 siswa), kategori “kurang” sebesar 17,65% (3 siswa), kategori “cukup” sebesar 64,70% (11 siswa), kategori “baik” sebesar 17,65% (3 siswa), dan ketegori “sangat baik” sebesar 0% (0 siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peserta ekstrakurikuler bola basket di SMA N 1 Muntilan mempunyai daya tahan kardiorespirasi “cukup”, kecepatan “baik”, dan kelincahan ”cukup”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yustinus Sukarmin, M.S.
Uncontrolled Keywords: bola basket
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Oct 2020 07:01
Last Modified: 14 Oct 2020 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69318

Actions (login required)

View Item View Item