Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Inovasi Siswa pada Pembelajaran Seni Rupa 2 Dimensi (Desain Batik) di SMA N Kabupaten Bantul.

Raharjo, Dian Puji and Sunarya, I Ketut (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Inovasi Siswa pada Pembelajaran Seni Rupa 2 Dimensi (Desain Batik) di SMA N Kabupaten Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran seni rupa 2 dimensi (desain batik) dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi, serta signifikansi antara kreativitas dan inovasi. Penelitian ini dengan quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA di Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling berdasarkan wilayah, diperoleh SMA N 1 Pleret, SMA N 1 Imogiri, dan SMA N 1 Sanden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan observasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari: 1) tes kreativitas, 2) tes inovasi, dan 3) observasi keterlaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran seni rupa 2 dimensi (desain batik) di SMA N Kabupaten Bantul. Pengaruh terhadap kreativitas dengan peningkatan nilai rata- rata pretest-posttest dari 55 menjadi 80. Adapun pengaruh terhadap inovasi dengan peningkatan nilai rata-rata pretest-posttest dari 60 menjadi 65. Pengaruh model pembelajaran barbasis proyek secara signifikan antara kreativitas dan inovasi diperoleh nilai signifikansi 0,007<0,05, maka signifikan pada level kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran seni rupa 2 dimensi (desain batik), kreativitas, dan inovasi.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:39
Last Modified: 13 Oct 2020 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69301

Actions (login required)

View Item View Item