PENYUSUNAN BUKU PANDUAN LATIHAN TEKNIK DASAR DAN JURUS PERGURUAN PENCAK SILAT SANCA PUTIH KOTA TASIKMALAYA UNTUK TINGKATAN SABUK PUTIH, MERAH DAN HIJAU

Darmawan, Muhammad Panji (2020) PENYUSUNAN BUKU PANDUAN LATIHAN TEKNIK DASAR DAN JURUS PERGURUAN PENCAK SILAT SANCA PUTIH KOTA TASIKMALAYA UNTUK TINGKATAN SABUK PUTIH, MERAH DAN HIJAU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media buku panduan untuk menjadi referensi perguruan pencak silat Sanca Putih dalam kegiatan berlatih dan melatih serta masyarakat umum untuk menjadi tambahan sumber pengetahuan tentang pencak silat khususnya perguruan pencak silat Sanca Putih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yakni: identifikasi masalah dan potensi, pengumpulan informasi, desain produk, pembuatan produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba, produksi akhir. Subjek penelitian pada uji kelompok kecil berjumlah 10 orang yang terdiri dari anggota satuan latihan SMP Negeri 13 Tasikmalaya dan pada uji coba lapangan adalah 20 orang yang terdiri dari pelatih dan atlet diklat Program Atlet Sanca Putih Andalan (PASA). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen berupa lembar penilaian. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian Penyusunan Buku Panduan Latihan Teknik Dasar dan Jurus Perguruan Pencak Silat Sanca Putih Kota Tasikmalaya untuk Tingkatan Sabuk Putih, Merah dan Hijau menunjukkan bahwa hasil validasi Ahli Media sebesar 70.84% pada validasi tahap pertama dan 89.58% pada validasi tahap kedua, serta persentase kelayakan Ahli Materi sebesar 95% hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukakan peneliti, dihasilkan persentase kelayakan sebesar 97.06% dan uji coba lapangan sebesar 90.33%. Berdasarkan hal tersebut Buku Panduan Latihan Teknik Dasar dan Jurus Perguruan Pencak Silat Sanca Putih untuk Tingkatan Sabuk Putih, Merah dan Hijau layak digunakan sebagai referensi dan panduan latihan teknik dasar dan jurus perguruan pencak silat Sanca Putih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, pencak silat, sanca putih.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Oct 2020 04:46
Last Modified: 12 Oct 2020 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69288

Actions (login required)

View Item View Item