TES KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAK SILA SEPAK TAKRAW UNTUK SISWA USIA 13 – 15 TAHUN DI YOGYAKARTA

Riesmayana, Dhika (2020) TES KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAK SILA SEPAK TAKRAW UNTUK SISWA USIA 13 – 15 TAHUN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes keterampilan sebagai alat ukur tingkat keterampilan sepak sila sepak takraw pada siswa usia 13-15 tahun di Yogyakarta dan membuat norma penilaian tes keterampilan sepak sila sepak takraw untuk siswa usia 13 – 15 tahun di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (RnD) dengan model pengembangan Sugiyono. Sampel yang digunakan adalah siswa usia 13-15 tahun di SMP 1 Jetis, SMP 2 Jetis, SMP 2 Imogiri, MtsN Ali Maksum, dan MtsN 5 Sleman yang mengikuti ekstrakurikuler sepak takraw. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menuangkan hasil data ke dalam tabel norma penilaian. Hasil penelitian menunjukan 10 tahap dalam pembuatan Tes Ketrampilan Sepak Sila Sepak Takraw (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba pemakaian, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi massal. Berdasarkan uji tes, norma perhitungan dalam tabel didapat hasil kategori putra yang berada pada kategori sangat baik (0%), kategori baik (40%), kategori cukup (25%), kategori kurang (35%), dan kategori sangat kurang (0%). Sedangkan untuk siswa putri berada pada kategori sangat baik (13,3%), kategori baik (20%), kategori cukup (40%), kategori kurang (26,7%), dan kategori sangat kurang (0%).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Danang Pujo Broto, M.Or.
Uncontrolled Keywords: sepak takraw
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Oct 2020 03:07
Last Modified: 09 Oct 2020 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69274

Actions (login required)

View Item View Item