MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI POKOK ALJABAR DAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS 7C SMPN I PRINGSURAT TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Hidayati, Hidayati (2008) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI POKOK ALJABAR DAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS 7C SMPN I PRINGSURAT TAHUN PELAJARAN 2008/2009. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. ISSN 978-979-16353-1-8

[img]
Preview
Text
P-15 Pendidikan(Hidayati).pdf

Download (48kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Bagi rata-rata peserta didik di Indonesia,matematika dengan pembelajarannya yang bersifat deduktif aksiomatik acapkali menyulitkan dan tidak mudah dicerna oleh pemahaman peserta didik.Oleh karena itu harus ada model pembelajaran yang dapat dipilih sebagai satu alternatif dari model-model pembelajaran yang lain. Student Teams Achievemen Division(STAD) adalah sebuah aplikasi dari Pembelajaran Kooperatif seperti yang lainnya yaitu:Jigsaw,Group Investigation Tehnique,Structured Controversy,Team Goul Tornament,Numbered Heads Together dan yang lain-lainnya.STAD merupakan salah satu pembelajaran kelompok yang telah banyak diterapkan antara lain karena sederhana,mudah diterapkan,populer di kalangan ahli pendidikan matematika sebab paling awal ditemukan. STAD memberikan kesempatan kepada masing-masing peserta didik untuk bertanggung jawab secara individual maupun kelompok.Dengan difasilitasi oleh STAD diharapkan interaksi yang terjalin mampu mendorong peserta didik satu sama lain didalam penguasaan materi pelajaran yang disajikan dan saling mendorong untuk menumbuhkan sebuah kesadaran bahwa kebersamaan dalam belajar mampu memberikan makna pembelajaran aktif yang menyenangkan yang penuh rasa kolegial antara peserta didik dan guru. Key Words:Deduktif Aksiomatik,STAD,Kolegial.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6924

Actions (login required)

View Item View Item