E. Elvis, Napitupulu (2008) Peran Penalaran dalam Pemecahan Masalah Matematik. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. ISSN 978-979-16353-1-8
|
Text
P-14 Pendidikan(Elvis Napitupulu).pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
KTSP mengamanatkan penalaran dan Pemecahan masalah sebagai dua dari lima kompetensi yang harus dipunyai anak didik dan menegaskan agar pembelajaran matematika fokus pada pemecahan masalah. Dalam proses pemecahan masalah diperlukan setidaknya tiga komponen kognitif penting yaitu pemahaman, penalaran, dan metakognitif. Tulisan ini menyoroti apa penalaran dan bagaimana peranannya dalam proses pemecahan masalah. Obyek matematika berkarakteristik abstrak dan penalaranlah alat utama untuk memahami dan melakukan absraksi. Oleh karena itu penalaran memiliki peran sentral dalam proses pemecahan masalah. Kata kunci: Penalaran, pemecahan masalah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 30 Oct 2012 01:01 |
Last Modified: | 30 Oct 2012 01:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |