Peran Penalaran dalam Pemecahan Masalah Matematik

E. Elvis, Napitupulu (2008) Peran Penalaran dalam Pemecahan Masalah Matematik. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. ISSN 978-979-16353-1-8

[img]
Preview
Text
P-14 Pendidikan(Elvis Napitupulu).pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

KTSP mengamanatkan penalaran dan Pemecahan masalah sebagai dua dari lima kompetensi yang harus dipunyai anak didik dan menegaskan agar pembelajaran matematika fokus pada pemecahan masalah. Dalam proses pemecahan masalah diperlukan setidaknya tiga komponen kognitif penting yaitu pemahaman, penalaran, dan metakognitif. Tulisan ini menyoroti apa penalaran dan bagaimana peranannya dalam proses pemecahan masalah. Obyek matematika berkarakteristik abstrak dan penalaranlah alat utama untuk memahami dan melakukan absraksi. Oleh karena itu penalaran memiliki peran sentral dalam proses pemecahan masalah. Kata kunci: Penalaran, pemecahan masalah

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6923

Actions (login required)

View Item View Item