PotensiSitus Liang Kabori Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Materi Praaksara di SMA.

Dinda, La Ode and Suryo, Djoko (2019) PotensiSitus Liang Kabori Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Materi Praaksara di SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-La Ode Dinda-17718251015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan eksistensi situs liangkabori di KabupatenMuna; (2) mendeskripsikan makna historic dan simbolik situs liang kabori di Kabupaten Muna; (3) mendeskripsikan potensi situs liangka bori sebagai sumber pembelajaran sejarah materi praaksara di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Dalam penelitian ini menggunkan teknik analisis data dengan menggunakan trianggulasi data yaitu mengumpulkan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk melihat lansung kondisi lapangan situs liangka bori, wawancara digunakan untuk menggali informasi seputar situs liangkabori, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat situasi situs liang kabori. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa; (1)Eksistensi situs liang kabori di KabupatenMunamemiliki corak hidup yang sama, yaitu hidup mengembara dan mengumpulkan makanan sebagaimana halnya manusia purba yang mendiami kawasan Liang Kabori. Terdapat lukisan pada dinding gua yang menggambarkan aktivitas sosial mereka seperti perburuan, maka diperkirakan bahwa aktivitas manusia di sekitar kawasan tersebut adalah berburu, (2)Makna historic dansimboliksitusliangkabori di KabupatenMuna, makna secara historik yang ada pada situs liangka bori menunjukkan kehidupan pada masa lampau masyarakat Muna. Makna simbolik situsliangkabori dalam kehidupan masyarakat yang pertama ialah (a) Sebagai bukti bahwa kehidupan mereka adalah berburu, maka dilukiskan pada dinding gua, terdapat jenis binatang buruan, serta alat buruan seperti mata tombak, busur, (b) Gambar mata hari secara simbolik melambangkan bahwa mereka menyembah dan memuja dewa (c) Gambarmanusia terpotong kepala secara simbolik melambangkan kegemaran bertempur dan berperang, (d) Gambarbinatang buas secara simbolik melambangkan bahwa pemuja terhadap binatang buas(3) Potensi situs liangka bori sebagai sumber pembelajaran sejarah materi praaksara di SMA ialah menyajikan banyak hal, gambar manusia berburu, binatang melata dan terutama tentang wawasan pikiran dan imajinasi peradaban masa lampau. Banyak sekali keuntungan atau manfaat yang dapat di ambil baik bagi guru, siswa, maupun masyarakat umum.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PotensiSitus, Liang Kabori, PembelajaranSejarah, MateriPraaksara.
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Oct 2020 07:10
Last Modified: 06 Oct 2020 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69186

Actions (login required)

View Item View Item