engembangan Website Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerjasama Peserta Didik SMP Kelas VII.

Utami, Vyta Andri Setyo and Djukri, Djukri (2019) engembangan Website Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerjasama Peserta Didik SMP Kelas VII. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan dari web pembelajaran IPA; (2) efektivitas website pembelajaran IPA dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerjasama peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun penelitian ini hanya mengembangkan hingga tahap implementasi. Subjek uji coba terbatas sebanyak 25 peserta didik kelas VIII SMP N 4 Pakem. Subjek uji coba lapangan sebanyak 64 peserta didik (32 peserta didik kelas VII D sebagai eksperimen, dan 32 peserta didik kelas VII B sebagai kelas control). Instrumen yang digunakan dalam penelitin ini berupa soal penilaian keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi kerjasama. Data hasil penelitian dianalisis melalui uji prasyarat, uji Independent Sample T-Test, perhitungan Gain Score serta uji MANOVA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) website pembelajaran IPA layak digunakan untuk peserta didik kelas VII; (2) website pembelajaran IPA meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerjasama. Peningkatan berpikir kritis ditunjukkan oleh nilai signifikasi 0,00 dengan taraf 0,05 dan kategori peningkatan N-Gain Score tinggi dengan perhitungan N-Gain Score sebesar 0,87. Sedangkan peningkatan kerjasama ditunjukkan nilai signifikasi 0,006 dengan taraf 0,05 dan kategori peningkatan N-Gain Score tinggi dengan perhitungan N-Gain Score sebesar 0,87. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji MANOVA diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Dengan sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan pengaruh yang signifikan nilai keterampilan berpikir kritis dan kerjasama peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Website pembelajaran IPA, Berpikir Kritis, Kerjasama
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Oct 2020 06:25
Last Modified: 06 Oct 2020 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69183

Actions (login required)

View Item View Item