Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Pembuatan Genteng Soka dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Sikap Ingin Tahu Siswa SMP.

Mouromadhoni, Kasyfi Rifqi and Atun, Sri (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Pembuatan Genteng Soka dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Sikap Ingin Tahu Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-kasyfi-rifqi-mouromadhoni-17708251005.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal pembuatan genteng soka dengan pendekatan contextual teaching and learning yang layak berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal pembuatan genteng soka dengan pendekatan contextual teaching and learning dalam meningkatkan keterampilan generik sains dan sikap ingin tahu. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan modifikasi sepuluh langkah pengembangan Borg & Gall meliputi pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, penilaian awal oleh ahli, revisi produk utama, uji coba terbatas, revisi hasil uji coba terbatas, uji coba lapangan, revisi produk akhir, diseminasi dan implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa lembar soal keterampilan generik sains siswa dan teknik non tes berupa lembar validasi produk, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterampilan generik sains, lembar observasi sikap ingin tahu dan lembar angket sikap ingin tahu. Data kelayakan produk yang dikembangkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif konversi skala 4 dan data keefektifan produk yang dikembangkan dianalisis dengan gain skor dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal pembuatan genteng soka dengan pendekatan contextual teaching and learning dinilai layak berdasarkan penilaian ahli materi, penilaian ahli media dan uji empiris, sehingga dapat digunakan sebagai solusi bagi guru IPA SMPN 1 Pejagoan, Kebumen yang belum memanfaatkan variasi perangkat pembelajaran terintegrasi potensi lokal khususnya pembuatan genteng soka dan pembelajaran berpendekatan kontekstual. (2) permasalahan keterampilan generik sains dan sikap ingin tahu siswa yang masih kurang pada SMPN 1 Pejagoan, Kebumen dapat diatasi menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal pembuatan genteng soka dengan pendekatan contextual teaching and learning yang dikembangkan dengan efektif, berdasarkan hasil analisis manova pada data hasil ujicoba.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran IPA, Potensi Lokal Pembuatan Genteng Soka Kebumen, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Keterampilan generik Sains, Sikap Ingin Tahu
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Oct 2020 07:03
Last Modified: 01 Oct 2020 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69115

Actions (login required)

View Item View Item