Pengembangan Instrumen Penilaian Authentic untuk Menilai Keterampilan Observing, Inferring, dan Predicting pada Pembelajaran IPA.

Yunitasari, Indah and Supahar, Supahar (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Authentic untuk Menilai Keterampilan Observing, Inferring, dan Predicting pada Pembelajaran IPA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-indah-yunitasari-17708251021.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konstruksi instrumen penilaian autentik pada keterampilan observing, inferring, dan predicting dalam pembelajaran IPA, (2) menghasilkan kelayakan (validitas dan reliabilitas) instrumen penilaian autentik pada keterampilan observing, inferring, dan predicting, dan (3) mengetahui profil keterampilan observing, inferring, dan predicting pada pembelajaran IPA di SMPN 1 Kampak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dikombinasikan dengan langkah-langkah pengembangan tes yang oleh Oriando. Hasil penggabungan tersebut, diperoleh langkah-langkah penelitian sebagai berikut: 1) studi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) uji coba awal, 5) uji coba lapangan, 6) analisis data, 7) diseminasi. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas VII SMPN 1 Kampak. Validasi isi dilakukan oleh 2 ahli dan 4 praktisi, sedangkan validasi empiris dilakukan di 3 SMPN yang berada di Kabupaten Trenggalek dengan jumlah 268 responden. Teknik analisis butir dilakukan dengan pendekatan item teori yang dianalisis menurut Partial Credit Model (PCM). Analisis meliputi fit model, tingkat kesulitan butir, fungsi informasi dan standart error measurement. Hasil penelitian diperoleh data bahwa butir tes terdiri dari 15 item soal yang mencakup keterampilan observing, inferring, dan predicting dinyatakan valid karena memenuhi validitas isi dan empiris. Validitas isi dengan perolehan koefisien Aiken’s antara 0,70 – 1,00. Berdasarkan validitas empiris yang didasarkan pada nilai MNSQ dinyatakan fit karena masuk rentang 0,77 - 1,30 dengan model penskoran PCM, sehingga dikategorikan memenuhi syarat validitas empirik. Tingkat kesukaran butir dinyatakan baik karena berada pada rentang -2 s/d +2. Estimasi reliabilitas instrumen reliabel jika diukur dalam -4 s/d +4 skala logit. Berdasarkan profil keterampilan observing, inferring, dan predicting peserta didik kelas VII SMPN 1 Kampak diperoleh data keterampilan observing sebesar 62,8%, keterampilan inferring sebesar 31,1%, dan keterampilan predicting sebesar 45,0%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen, penilaian autentik, keterampilan observing, keterampilan inferring, dan keterampilan predicting
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Oct 2020 06:45
Last Modified: 01 Oct 2020 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69114

Actions (login required)

View Item View Item