IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 PENGASIH, KULON PROGO

Kurnianingsih, Septi (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 PENGASIH, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Septi Kurnianingsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya sekolah pada siswa kelas tiga di SD Negeri 1 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya yaitu mengenai implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah pada kelas tiga di SD Negeri 1 Pengasih. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas tiga, guru, serta kepala sekolah. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya pada kelas 3 di SD Negeri 1 Pengasih telah berjalan dengan baik dan terdapat kegiatan pembiasaan yang belum dimiliki SD lain. Siswa di sekolah ini juga terlihat lebih ramah kepada orang yang baru dikenalnya. Pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan melalui : 1) kegiatan rutin berupa pembiasaan yaitu bersalaman dengan guru, mengucapkan salam pagi dan siang, piket kelas, Jumat bersih, budaya 5S, TPA, pengajian rutin, infaq oleh siswa, pengumpulan dana sosial guru, 2) kegiatan spontan seperti memberikan dorongan dan mengontrol perilaku siswa. 3) pendidikan karakter peduli sosial melalui keteladanan yaitu dengan memberikan teladan langsung kepada siswa, 4) pendidikan karakter peduli sosial melalui pengondisian seperti memasang poster terkait kepedulian di sekolah. 5) hambatan pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial yaitu guru masih kesulitan mengimplementasikan dalam materi dan media pembelajaran. Kata kunci: pendidikan karakter, peduli sosial, budaya sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Oct 2020 06:09
Last Modified: 01 Oct 2020 06:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69111

Actions (login required)

View Item View Item