Ifnu, Saladin (2020) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN KONVERSI BAGI SISWA KELAS 4 SD N SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Ifnu Saladin.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika kelas IV SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta dengan menggunakan media pembelajaran Papan Konversi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa, dengan 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, dan observasi, serta refleksi. . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan media papan konversi di kelas IV SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta khususnya pada pembelajaran matematika materi konversi satuan panjang. Pada pra siklus jumlah siswa yang mendapatkan nilai mencapai KKM hanya 54%. Lalu pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai mencapai KKM meningkat menjadi 67%, sedangkan hasil akhir siklus II siswa yang mendapatkan nilai mencapai KKM telah mencapai 99%, sehingga pada siklus II prestasi belajar siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebanyak ≥80% jumlah siswa yang hadir mencapai skor kriteria ketuntasan minimal. Kata kunci: prestasi belajar matematika, Papan Konversi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 06:04 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 06:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69110 |
Actions (login required)
View Item |