Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif Tutor Sebaya Bertingkat Dalam Persiapan Menghadapi UN 2009

Kukuh, Guntoro (2008) Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif Tutor Sebaya Bertingkat Dalam Persiapan Menghadapi UN 2009. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. ISSN 978-979-16353-1-8

[img]
Preview
Text
P-9 Pendidikan (Kukuh Guntoro).pdf

Download (36kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk Untuk mewujudkan proses pembelajaran Matematika yang lebih bermakna dengan hasil prestasi siswa yang tinggi, guru harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan strategi pembelajaran (2) untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Bertingkat yang merupakan pengembangan dari belajar kooperatif dapat meningkatkan hasil UN. Adapun langkah – langkah Belajar Kooperatif Tutor Sebaya Bertingkat adalah sebagai berikut : (1) Menentukan siswa yang berada di level 1, level 2, level 3, dan level 4, (2) Membentuk kelompok belajar, (3) Guru memberikan materi secara keseluruhan dan memberi LKS, (4)Level 1 diberi materi dan LKS, (5) Siswa level 1 memberikan ke siswa level 2, (6) Dengan dibantu siswa level 1 dan siswa level 2 memberikan materi dan LKS ke siswa level 3, (7) Dengan dibantu siswa level 1, siswa level 2, dan siswa level 3 memberikan materi dan LKS ke siswa level 4, (8) Guru memantau dan mengevaluasi proses kegiatan pembelajaran siswa di tiap-tiap kelompok belajar, (9)Presentasi masing-masing kelompok belajar, (10) Penilaian akhir, (11)Penghargaan kelompok dan individu

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6911

Actions (login required)

View Item View Item