PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERANAN BPUPKI DAN PPKI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SEKARSULI

Aini, Fitri Nur (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERANAN BPUPKI DAN PPKI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SEKARSULI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fitri Nur Aini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan penelitian didapatkan dari hasil analisis kebutuhan media di kelas V SD Negeri 1 Sekarsuli. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa kurang tertarik untuk membaca materi pada buku maupun handout dan juga guru membutuhkan media yang menyenangkan untuk siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pop-up interaktif yang layak digunakan pada pembelajaran IPS materi peranan BPUPKI dan PPKI bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Sekarsuli. Pengembangan media pop-up interaktif dilakukan menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pengembangan media pop-up interaktif dilakukan menggunakan 7 dari 10 langkah pengembangan yaitu pengumpulan data, perencanaan pembuatan produk, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan penyempurnaan produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4.3 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi media terakhir mendapatkan skor rata-rata 4.8 dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian siswa pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama secara berurutan mendapatkan skor 4.92 dan 4.80 dengan kategori sangat baik disetiap hasil uji coba lapangan. Hasil penilaian guru pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama secara berurutan mendapatkan skor 4.72 dan 4.81 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pop-up interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi peranan BPUPKI dan PPKI di kelas V sekolah dasar. Kata kunci: media pop-up interaktif, pembelajaran IPS materi peranan BPUPKI dan PPKI, siswa kelas V SD N 1 Sekarsuli

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:43
Last Modified: 01 Oct 2020 04:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69100

Actions (login required)

View Item View Item