PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA STIK ES KRIM BONEKA PADA SISWA KELAS I SDN JLABAN SENTOLO KULON PROGO

Melati, Melati (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA STIK ES KRIM BONEKA PADA SISWA KELAS I SDN JLABAN SENTOLO KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Melati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN Jlaban. Sekolah ini berada di Desa Dlaban, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY. Tahun Ajaran 2019/2020 menggunakan media stik es krim boneka. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi . Subjek penelitian ini ada siswa kelas I SDN Jlaban yang berjumlah 15 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 75% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 76. Hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan dua bilangan cacah dapat ditingkatkan dengan media stik es krim boneka dengan langkah-langkah pada setiap proses pembelajaran siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 2-3 siswa, kemdudian siswa diberi satu paket stik es krim boneka yang berisi 50 biji, kemudian stik es krim boneka tersebut digunakan untuk siswa menghitung penjumlahan dan pengurangan dua bilangan cacah. Peningkatan hasil belajar matematika terlihat dari hasil belajar pada siklus I presentase aktivitas guru mencapai 76,6% dengan kategori baik. Sementara itu pada siklus II, presentase aktivitas guru meningkat hingga mencapai 89,1% dengan kategori sangat baik. Begitu juga dengan presentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71,9% yang masuk dalam kategori baik, meningkat hingga 88,25% pada siklus II dalam kategori sangat baik. Peningkatan hasil tes hasil belajar pada pra tindakan presentase ketuntasan 26,67% , pada siklus I presentase ketuntatsan 40 % dan meningkat hasil tes pada siklus II menjadi 86,67% .Jika dibandingkan dengan hasil pretest pada pra tindakan dengan post test siklus I terjadi kenaikan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Stik Es Krim Boneka.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:35
Last Modified: 01 Oct 2020 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69099

Actions (login required)

View Item View Item