PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI TUKANGAN

Pamenan, Meta Salma (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI TUKANGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Meta Salma Pamenan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis permulaan dan hasil keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Tukangan. Keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Tukangan ditingkatkan menggunakan strategi menulis terbimbing. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri Tukangan yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Obyek penelitian ini adalah keterampilan menulis permulaan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes unjuk kerja keterampilan menulis permulaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian telah diketahui bahwa keterampilan menulis permulaan siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan strategi menulis terbimbing di kelas I SD Negeri Tukangan. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan pada proses dan hasil pembelajaran menulis permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi menulis terbimbing dengan langkah-langkah yang meliputi: a) pramenulis, b) pendrafan, c) perbaikan, d) penyuntingan, dan e) publikasi dengan bimbingan guru dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri Tukangan. Peningkatan hasil ditunjukkan dari pencapaian nilai rata-rata kelas menulis permulaan pada kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 60,7 pada siklus I meningkat menjadi 69,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,7. Tingkat pencapaian ketuntasan pada kondisi awal adalah 50% pada siklus I tingkat ketuntasan mencapai 65% dan pada siklus II mencapai 85%. Kata kunci : keterampilan menulis permulaan, strategi menulis terbimbing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:14
Last Modified: 01 Oct 2020 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69098

Actions (login required)

View Item View Item