Pengembangan Media Virtual Reality IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah.

Monita, Friesta Ade and Ikhsan, Jaslin (2019) Pengembangan Media Virtual Reality IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-friesta-ade-monita-17708251008.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media Virtual Reality IPA materi tata surya yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa, (2) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah antara siswa pada tiga kelompok independen. Penelitian ini adalah research and development dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implement, dan evaluate). Instrumen penelitian yang disusun meliputi lembar kelayakan Media VR-IPA untuk para ahli, lembar kepraktisan Media VR-IPA untuk guru IPA, lembar keterbacaan Media VR-IPA untuk siswa, soal keterampilan proses sains berserta lembar observasinya dan angket sikap ilmiah beserta lembar observasinya. Penerapan media VR-IPA meliputi uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek uji coba lapangan adalah siswa kelas VII di SMPN 8 Yogyakarta. Desain uji coba lapangan penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Kelayakan Media VR-IPA dianalisis dari data pengisian lembar kelayakan oleh ahli media serta ahli materi dengan mengelola skor rata-rata dan mengkategorikan data tersebut pada penilaian ideal. Kepraktisan Media VR-IPA dianalisis dari data pengisian lembar kepraktisan oleh guru IPA dengan mengelola skor rata-rata dan mengkategorikan data tersebut pada penilaian ideal. Keterbacaan Media VR-IPA dianalisis dari data pengisian lembar respon siswa dengan mengelola skor menjadi persentase. Keefektifan Media VR-IPA dianalisis dari data n-gain soal keterampilan proses sains dan angket sikap ilmiah dengan menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media VR IPA yang dikembangkan layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi Tata Surya berdasarkan validasi para ahli dan penilaian guru IPA, sehingga dapat digunakan sebagai solusi fasilitas alat dan bahan laboratorium SMPN 8 Yogyakarta yang belum memadai, khususnya untuk alat peraga tata surya yang sudah rusak. Permasalahan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa yang masih kurang di SMPN 8 Yogyakarta dapat diatasi dengan menggunakan media VR IPA yang dikembangkan dengan efektif berdasarkan hasil analisis Manova pada data hasil uji coba, (2) Penggunaan media VR-IPA pada materi Tata Surya lebih baik dalam meningkatkan keterampilan proses sains daripada melakukan praktikum nyata dan penggunaan media video. Sementara itu, penggunaan media VR-IPA lebih baik dalam meningkatkan sikap ilmiah daripada melakukan praktikum nyata.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, virtual reality, keterampilan proses sains, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:41
Last Modified: 01 Oct 2020 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69095

Actions (login required)

View Item View Item