Pengembangan Multimedia IPA berbasis Kearifan Lokal Keris untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa SMP

Dolo, Fransiskus Xaverius and Prodjosantoso, AK (2019) Pengembangan Multimedia IPA berbasis Kearifan Lokal Keris untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-fransiskus-xaverius-dolo-17708251036.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan multimedia IPA keris ditinjau dari aspek materi dan media, (2) mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan multimedia IPA berbasis kearifan lokal keris, dan (3) mengetahui pengaruh multimedia IPA Keris terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Pangudi Luhur, Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 78 orang dengan rincian 6 orang sebagai subjek uji coba skala kecil dan 72 orang sebagai subjek uji coba skala besar. Desain penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Alesi & Trolip yang meliputi; (1) Perencanaan, (2) Desain, (3) Pengembangan (4) Uji Alpha, (5) Revisi I, (6) Uji Beta Skala kecil, (7) Revisi II, (8) Uji Beta Skala besar, dan (9) Publish. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, angket, lembar validasi, dan tes pemahaman konsep. Analisis data minat belajar menggunakan uji gain score. Analisis data pemahaman konsep menggunakan uji paired sample T test. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa: (1) Multimedia IPA berbasis kearifan lokal keris layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas berdasarkan hasil penilaian dari ahli yang berkompeten di bidang media dan IPA, (2) Terdapat peningkatan minat belajar siswa dengan besar gain score 0,71 dan (3) Terdapat peningkatkan pemahaman konsep siswa yang dibuktikan dengan hasil paired sample T test menunjukan nilai thitung > ttabel yaitu 16,423 > 1,666.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Minat Belajar, Multimedia, Pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Oct 2020 03:38
Last Modified: 01 Oct 2020 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69093

Actions (login required)

View Item View Item