Pengembangan E-modul IPA Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains.

Kimianti, Febyarni and Prasetyo, Zuhdan Kun (2019) Pengembangan E-modul IPA Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-febyarni-kimianti-7708251007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul IPA berbasis problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMP Muhammadyah 2 Godean. Penelitian ini adalah research and development dengan mengadopsi lima tahap model ADDIE (analyze, design, development, implement, dan evaluate). Tahap analyze meliputi analisis awal, analisis siswa, analisis konsep serta merumuskan tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi penyusunan outline e-modul berupa pemilihan media dan format e-modul serta mendisain isi pembelajaran dalam e- modul. Tahap development meliputi pengembangan instrumen pengumpulan data. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini ialah lembar kelayakan untuk dosen ahli, lembar kepraktisan untuk guru IPA dan teman sejawat, lembar keterbacaan siswa, serta soal pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis dan literasi sains. Instrumen ini dikembangkan berdasarkan peninjauan dosen pembimbing, penilaian dosen ahli, guru IPA, teman sejawat dan uji coba pada siswa. Tahap implement meliputi penerapan e-modul yang telah dikembangkan pada siswa kelas VII SMP Muhammadyah 2 Godean. Disain eksperimen yang digunakan pada tahap ini adalah pretest-postest control group design. Tahap evaluate meliputi bentuk evaluasi yang dilakukan pada setiap tahap ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan merupakan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul IPA berbasis problem-based learning yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. E-modul IPA tersebut praktis digunakan, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-modul IPA, kemampuan berpikir kritis, literasi sains, problem-based learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:35
Last Modified: 01 Oct 2020 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69089

Actions (login required)

View Item View Item