KEPUASAN PELATIH BOLA BASKET TERHADAP KUALITAS PENYELENGGARAAN PERTANDINGAN DEVELOPMENT BASKETBALL LEAGUE (DBL) DI YOGYAKARTA

Arminudin, Arminudin (2020) KEPUASAN PELATIH BOLA BASKET TERHADAP KUALITAS PENYELENGGARAAN PERTANDINGAN DEVELOPMENT BASKETBALL LEAGUE (DBL) DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_arminudin_16602241034.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelatih bola basket terhadap kualitas penyelenggaraan pertandingan development basketball league (DBL) di Yogyakarta serta kekurangan serta kelebihan penyelenggaraan pertandingan DBL di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang dilihat dari dimensi tangibles, reliability, responsivness dan empathy. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta secara online. Data yang kami peroleh adalah data dari pelatih bola basket langsung melalui google form. Pengumpulan data menggunakan alat berupa angket dengan skala likert. Selanjutnya untuk menganalisis data yang telah terkumpul, peneliti menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase dengan langkah-langkah sebagai berikut: memberikan skor tiap responden pada tiap-tiap butir, menjumlahkan skor setiap responden pada tiap-tiap butir, Menentukan kriteria sebagai patokan penelitian. Data kemudian dikategorikan menjadi lima kategori berdasarkan nilai mean dan standar deviasi. Hasil penelitian Tangibles yang diberikan penyelenggara pertandingan DBL di Yogyakarta sudah memuaskan karena dalam kategori “setuju” memperoleh skor 58% dari 30 responden. Reliability dari penyelenggara pertandingan DBL tergolong baik dan perlu ditingkatkan ditunjukan dari nilai dalam kategori “setuju” sebanyak 40% dari 30 responden. Responsivness harus dipertahankan karena dalam kategori “setuju” memperoleh skor 63% dari 30 responden. Empathy harus dipertahankan karena pada kategori “setuju” memperoleh skor tertinggi sebesar 66% dari 30 responden. Dengan demikian perlu dipertahankan kualitas sarana prasarana dan komunikasi kepada kepada setiap peserta terutama yang berkaitan dengan keselamatan atlet yang mengikuti penyelenggaraan pertandingan DBL.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Budi Aryanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bola basket
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Sep 2020 07:39
Last Modified: 30 Sep 2020 07:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69081

Actions (login required)

View Item View Item