PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN NON OLAHRAGA DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO

Bantolo, Alfarobbi (2020) PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN NON OLAHRAGA DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Alfarobbi bantolo.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kecerdasan emosional siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan non olahraga di SMA N 2 Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMA N 2 Wonosobo yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan non olahraga. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa aktif ekstrakurikuler olahraga dan 61 siswa aktif ekstrakurikuler non olahraga yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan metode survei. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji statistik variabel diperoleh nilai uji-t antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga memiliki nilai t-hitung 8.215, t-tabel 1.657 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, karena t-hitung lebih besar dari t-tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan non olahraga.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Dimyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, ekstrakurikuler, olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:47
Last Modified: 28 Sep 2020 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69049

Actions (login required)

View Item View Item