Mahasiswa Field Independent dan Field Dependent Dalam Memahami Konsep Grup

Drs. Herry Agus Susanto, M.Pd (2008) Mahasiswa Field Independent dan Field Dependent Dalam Memahami Konsep Grup. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. ISSN 978-979-16353-1-8

[img]
Preview
Text
P-5 Pendidikan (Herry AS).pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Belajar merupakan suatu proses ativitas mental dalam pikiran manusia yang mengakibatkan terjadinya perubahan tingkah laku. Apabila perilaku dan suasana serupa berbeda (ada perubahan), maka dapat dikatakan telah terjadi belajar. Dalam melakukan kegiatan belajar, si pebelajar melakukan aktifitas mental yang merupakan proses berfikir dalam pikirannya. Berpikir merupakan proses menghasilkan representasi mental yang baru melalui transformasi informasi yang melibatkan interaksi secara komplek antara atribut-atribut mental. Di dalam proses belajar matematika, terjadi juga proses berfikir. Proses berpikir merupakan suatu proses yang dimulai dari masuknya informasi atau penemuan informasi dari luar diri mahamahasiswa, pengolahan informasi, penarikan kesimpulan, dan pemanggilan kembali informasi itu dari ingatan ketika dibutuhkan. Proses berfikir seseorang dipengaruhi oleh karakteristik individu. Karakteristik yang yg dimaksud adalah gaya kognitif field independen dan field dependent. Karakteristik ini bekaitan dengan kemampuan seseorang untuk membebaskan dirinya dari pengaruh linkungan. Karakteristik ini akan berdapak pada proses pembelajaran. Dosen harus memperhatikan gaya kognitif mahamahasiswa dalam menerapkan pendekatan dalam pembelajaran, termasuk dalam memahami konsep. Memahami konsep merupakan tahapan atau fase dalam kegiatan belajar. Karakteristik mahamahasiswa memahami konsep dalam proses berfikirnya diantaranya dapat menyebutkan definisi konsep, dapat memberikan contoh dan non contoh. Masalahnya adalah bagaimana mahamahasiswa FI dan FD dalam memahami suatu konsep? Konsep yang dimaksud dalam penulisan ini adalah ide abstrak yang memungkinkan seseorang untuk menggolongkan atau mengklasifikasikan. Kata Kunci : proses berpikir,field independent, field dependent, memahami konsep.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2008
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item View Item