Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan Media Monopoli dan Ular Tangga terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PPKn di SMP.

Maharani, Tidi and Gafur, Abdul (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan Media Monopoli dan Ular Tangga terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PPKn di SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-tidi-maharani-17730251035.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran CORE dengan media monopoli terhadap keterampilan berpikir kritis perserta didik, (2) pengaruh penerapan model pembelajaran CORE dengan media ular tangga terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan (3) perbandingan pengaruh penerapan media monopoli dan media ular tangga terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan menggunakan pretest-posttest nonequivalent. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Gamping, Yogyakarta. Pengambilan sample dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok kelas eksperimen I sebanyak 31 peserta didik dan kelompok kelas eksperimen II sebanyak 31 peserta didik. Pengumpulan data penelitian melalui lembar tes dan kuesioner. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan non tes yang telah di uji validasi dan reabilitas dengan menggunakan bantuan program SPSS 21.0 dengan taraf signifikan 0,05. Olah data pada penelitian ini dengan menggunakan uji Paired samples t-test dan Regresi Linear. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penerapan model pembelajaran CORE dengan media monopoli memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 79% melalui mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Gamping (2) Penerapan model pembelajaran CORE dengan media ular tangga memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 72.2%, terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Gamping (3) Penerapan media monopoli dan media ular tangga memiliki perbedaan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Gamping. Hal ini di tunjukkan dengan nilai 79% bahwa media pembelajaran monopoli memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, sedang media ular tangga memiliki pengaruh sebesar 72.2% terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CORE, keterampilan berpikir kritis, media monopoli, media ular tangga
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2020 06:18
Last Modified: 25 Sep 2020 06:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69018

Actions (login required)

View Item View Item