Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Penerapan Tata Tertib Sekolah dan PPKn di SMAN 1 Teladan Yogyakarta.

Yogi, Supra and Kusdarini, Eny (2019) Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Penerapan Tata Tertib Sekolah dan PPKn di SMAN 1 Teladan Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-supra-yogi-7730251024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Perumusan tata tertib dan penerapan tata tertib dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMAN 1 Teladan Yogyakarta, 2) Pembentukan karakter disiplin siswa melalui pembelajaran PPKn di SMAN 1 Teladan Yogyakarta, 3) Kendala yang dihadapi dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui tata tertib dan PPKn di SMAN 1 Teladan Yogyakarta, 4) Solusi Untuk Mengatasi Kendala Yang dihadapi dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa melalui tata tertib dan PPKn di SMAN 1 Teladan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Teladan Yogyakarta. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian adalah 1) Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMAN 1 Teladan Yogyakarta, 2) Guru bimbingan konseling, 3) guru mata pelajaran PPKn sebanyak 2 orang, 4) siswa sebanyak 6 orang. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. (1). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui tata tertib dimulai dari: a) tata tertib di sekolah dibuat dan dirumuskan sendiri oleh siswa yaitu melalui MPK, tujuannya agar terciptanya perilaku disiplin pada siswa tanpa merasa terbebani karena peraturan tata tertib merupakan gagasan dari para siswa sehingga timbul kesadaran didalam diri siswa untuk taat aturan. b) penerapan kedisiplinan di sekolah dilakukan oleh semua komponen yang ada, terutama guru dan majelis perwakilan kelas yang rutin mengadakan razia baik terhadap atribut sekolah maupun barang lain yang dilarang disekolah. Kebiasaan taat terhadap aturan dilakukan mulai dari awal kedatangan ke sekolah hingga pulang sekolah (2). Pembentukan karakter disipin siswa melalui mata pelajaran PPKn, yaitu guru selalu menekankan kedisiplinan pada siswa, hal itu dimulai dari guru memberi contoh disiplin, siswa mengerjakan tugas yang diberikan, menciptakan suasana belajar yang kondusif, dan proses belajar pengajar yang selalu tertib. (3). Kendala yang dihadapi dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui penerapan tata tertib dan PPKn yaitu siswa masih ada yang tidak taat aturan karena kurang paham, pengawasan kurang maksimal, masih ada beberapa yang menganggap enteng pelajaran PPKn. (4). Solusinya, perlu dukungan penuh dari semua komponen baik pihak sekolah, keluarga, teman, dan lingkungan dalam mengontrol tingkah laku siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua elemen sebagai acuan dalam menerapkan karakter disiplin kepada siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Karakter Disiplin, Tata Tertib Sekolah, PPKn
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:35
Last Modified: 25 Sep 2020 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69017

Actions (login required)

View Item View Item